Visi Misi Perusahaan : Kenali Arti, Manfaat dan Perbedaannya

Daftar Isi

Visi dan misi perusahaan merupakan elemen yang sangat penting dalam membentuk identitas dan arah strategis suatu organisasi. Meskipun sering digunakan secara bersamaan, visi dan misi memiliki perbedaan yang signifikan dalam konteks perencanaan bisnis.

Selain itu, visi serta misi yang telah dirancang dengan matang akan mendorong sebuah bisnis jadi lebih terarah dan terukur pertumbuhannya. Oleh karena itulah, pada artikel ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai arti visi dan misi perusahaan yang sebenarnya, perbedaan diantara keduanya serta manfaat yang ditawarkan saat Anda memilikinya.

Sebab sebuah perusahaan tanpa visi yang jelas, maka akan secara otomatis mempengaruhi kinerja perusahaan menuju kemunduran . Memang, apa sebenarnya arti visi dan misi perusahaan? Ini dia jawaban lengkapnya!

Apa itu Visi Perusahaan?

Secara umum, visi perusahaan adalah pernyataan target atau tujuan jangka menengah dan panjang yang ingin dicapai perusahaan di masa depan.

Tentu misi ini menjadi dasar gambaran yang ideal supaya bisa memotivasi dan menginspirasi semua pemangku kepentingan di dalam perusahaan.

Visi yang baik haruslah ambisius, mencerminkan nilai-nilai inti perusahaan, dan memberikan arah strategis yang jelas.

Jadi, kehadiran pernyataan ini dapat memberikan pengaruh kepada karyawan dalam meningkatkan kinerja sekaligus memandu dalam pengambilan setiap keputusan di dalamnya.

Sedangkan, Apa Itu Misi Perusahaan?

Berbeda dengan visi, misi perusahaan adalah sebuah pernyataan mengenai strategi organisasi supaya bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pernyataan misi yang baik haruslah spesifik, terukur, dan realistis.

Sebab misi yang jelas ini akan membantu memandu strategi, mengarahkan tindakan karyawan, dan memperkuat citra perusahaan itu sendiri baik di mata klien maupun konsumen.

Baca juga :Ā Asesmen 12 Kompetensi Kepemimpinan

Jadi, Apa Perbedaan Visi dan Misi?

Setelah mengetahui pengertian dari visi dan misi perusahaan, tentu Anda akan sangat merasakan hal yang mendasar mengenai perbedaan di antara keduanya. Perbedaan dari visi dan misi ini dapat dinilai dari 3 hal, yaitu:

1. Fokus

Visi berfokus pada tujuan jangka panjang dan ideal yang ingin dicapai perusahaan. Sedangkan, misi berfokus pada rincian langkah-langkah dan kegiatan operasional perusahaan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Waktu

Dalam segi waktu, visi lebih bersifat jangka panjang dan berorientasi ke masa depan, sedangkan misi lebih berkaitan dengan tujuan dan aktivitas saat ini.

3. Aksi

Terakhir, visi juga mampu untuk menginspirasi dan memotivasi, sedangkan misi memberikan panduan tindakan konkret dan nilai-nilai inti perusahaan yang harus dilakukan.

Apa Pentingnya Visi dan Misi Bagi Perusahaan?

Visi dan misi perusahaan memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk arah strategis dan keberhasilan jangka panjang suatu organisasi.

Sayangnya, data yang dilansir dari Forbes menyebutkan jika lebih dari setengah karyawan di Inggris (52%) tidak mengetahui visi dari perusahaan mereka sendiri. Tidak menutup kemungkinan jika hal yang sama terjadi pada karyawan belahan dunia lainnya termasuk Indonesia.

Padahal. sadar atau tidak sadar jika visi dan misi berpengaruh besar dan menawarkan banyak manfaat bagi perusahaan, diantaranya adalah:

Memberikan Arah yang Strategis

Hadirnya visi dan misi perusahaan sangat berguna untuk membantu mengarahkan tujuan dan aktivitas perusahaan dalam jangka panjang bagi setiap individu yang ada di dalamnya.

Visi menggambarkan gambaran ideal tentang masa depan yang diinginkan oleh perusahaan, sedangkan misi mendefinisikan tujuan inti dan fokus utama operasional perusahaan.

Dengan memiliki visi dan misi yang jelas, perusahaan dapat merumuskan strategi dan taktik yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.

Menginspirasi dan Memotivasi Karyawan

Visi misi yang baik juga dapat menjadi panduan bagi setiap individu untuk merasa terhubung dengan tujuan yang lebih besar.

Saat mereka memahami kemana arah yang perusahaan ini inginkan, maka mereka cenderung akan merasa lebih termotivasi, bersemangat, dan terlibat dalam setiap pekerjaan yang dilakukan.

Sebab, visi dan misi yang kuat membantu menciptakan budaya kerja yang positif, meningkatkan loyalitas, dan membangun semangat kerja yang tinggi di antara karyawan.

Acuan dalam Pengambilan Keputusan

Pentingnya visi misi yang lainnya adalah adanya acuan bagi perusahaan supaya bisa mengambil keputusan dengan benar dan bijaksana.

Sebab visi dan misi hadir sebagai batasan dan cakupan tujuan sehingga dapat membantu menghindari pengambilan keputusan (decision making) yang ambigu atau bertentangan dengan nilai-nilai perusahaan.

Memperkuat Identitas Perusahaan

Manfaat visi dan misi yang terakhir adalah elemen kunci dalam membangun identitas yang lebih kuat.

Umumnya, visi dan misi yang unik dan bermakna dapat membantu menciptakan citra yang positif di mata pelanggan.

Jika sebuah perusahaan memiliki identitas yang jelas dan terdefinisi dengan baik tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, memperluas pangsa pasar, dan menciptakan keunggulan kompetitif di mata konsumennya.

Berbagai Contoh Visi dan Misi dari Perusahaan Terkemuka di Dunia

Bagi banyak perusahaan, bagaimana cara membuat visi dan misi merekalah yang menentukan seperti apa identitas yang ingin ditampilkan kepada publik.

Faktor inilah yang membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menghadirkan visi dan misi yang menarik namun tetap realistis.

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa contoh visi misi perusahaan terkemuka di dunia yang terkenal karena dua aspek tersebut, diantaranya adalah:

1. IKEA

IKEA telah dikenalĀ  sejak lama dengan persona brandnya yang kuat karena mampu menghadirkan furniture inovatif dan berkualitas tinggi kepada para konsumennya. Uniknya, persona ini ternyata dihasilkan dari visi dan misi perusahaan yang dibentuknya sejak awal.

Visi IKEA: Hadir untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang.

Misi IKEA: Menawarkan berbagai macam produk perabot rumah tangga yang dirancang dengan baik dan fungsional dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi semakin banyak orang yang mampu untuk memiliki produknya.

Contoh misi perusahaan dari IKEA ini sangat jelas dan terukur dengan menekankan semua keunggulan yang selalu mereka usahakan kepada para konsumennya, yaitu ā€œdirancang dengan baikā€, harga terjangkauā€ dan ā€œfungsionalā€.

Atas visi dan misi yang jelas seperti inilah yang membuat IKEA terlihat sangat terarah saat mengembangkan produk dan layanannya kepada pelanggan.

2. Amazon

Contoh visi misi perusahaan yang juga sangat bagus untuk dijadikan pembelajaran adalah marketplace terbesar di dunia, yaitu Amazon.

Visi Amazon: Menjadi perusahaan yang paling mengutamakan pelanggan di seluruh dunia dan menjadi tempat dimana pelanggan dapat menemukan apa pun yang mungkin inginkan secara online.

Misi Amazon: Kami berusaha untuk menawarkan produk dan jasa kepada para pelanggan dengan harga serendah mungkin, pilihan terbaik, dan kenyamanan maksimal.

Sama halnya IKEA, Amazon dapat menjadi contoh visi dan misi perusahaan yang baik karena menyoroti semua nilai-nilai yang ingin dipertahankan kepada konsumennya.

Ditambah, semua keunggulan yang dikejar oleh perusahaan ini merupakan faktor yang dicintai oleh semua konsumen saat sedang berbelanja, yaitu harga murah, banyak pilihan, dan kenyamanan yangĀ  luar biasa. Jadi tidak heran jika marketplace ini sangat populer bahkan hingga di seluruh penjuru dunia.

Baca juga :Ā 5 Contoh Pelatihan Kerja yang Meningkatkan Kinerja Karyawan

3. Tesla

Terakhir ada juga contoh visi dan misi dari perusahaan otomotif berkelanjutan yaitu Tesla.

Visi Tesla: Untuk mempercepat transisi dunia menuju energi berkelanjutan.

Misi Tesla: Untuk menciptakan perusahaan mobil paling menarik di abad ke-21 dengan mendorong transisi dunia ke kendaraan listrik.

Sejak awal kehadirannya, Tesla langsung menarik perhatian banyak orang karena inovasinya dalam menghadirkan solusi di tengah permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini.

Ternyata kreativitas dan inovasi tersebut tidak bisa dipisahkan dari visi dan misi yang dijalankan oleh perusahaan ini hingga sekarang. Mereka berhasil menunjukkan dengan jelas bahwa Tesla bukan hanya sebuah perusahaan mobil, tetapi juga menawarkan keunggulan lainnya seperti energi berkelanjutan.

Namun mereka tetap realistis dalam menentukan misinya karena menggunakan kata ā€œtransisiā€, karena untuk memperkenalkanĀ  energi berkelanjutan kepada semua orang tentu memiliki jalan yang sangat panjang.

Kesimpulan

Nah itulah serba-serbi mengenai visi misi perusahaan mulai dari arti, perbedaan keduanya, urgensi penggunaannya, serta berbagai contoh untuk dijadikan bahan pembelajaran.

Oleh karena itu, saat membuat sebuah visi misi perusahaan pastikan untuk merancangnya dengan realistis, jelas dan terukur sehingga dapat menjadi identitas yang tepat bagi organisasi tersebut.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang