fbpx

Change Management : Pengertian, Tujuan Dan Manfaatnya

Change Management

Change Management, Yuk Kenali Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya!

Change management? Itu apa sih? Change management atau biasa disebut manajemen perubahan. Sebelum Anda memahami makna dari change management, maka And harus mengerti terlebih dahulu arti dari setiap katanya.

“Change (perubahan)” dan ”Management (manajemen)”. Sederhanyanya change adalah suatu upaya atau cara untuk sebuah proses atau tranformasi terhadap suatu hal, sedangkan management adalah suatu proses yang melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap SDM di sebuah perusahaan untuk mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan.

Istilah change management biasanya digunakan dalam perusahaan yang ingin melakukan sebuah perubahan baik dari sistem manajemennya dan sumber daya manusianya. Tujuan perubahaan ini adalah untuk menuju kondisi atau masa depan perubahan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Jika dilihat dari perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, zaman, dan persaingan antara perusahaan, membuat seorang pemimpin harus siap dalam menghadapi tantangan yang akan di hadapi oleh perusahaan. Dengan adanya change management atau manajemen perubahan akan berdampak kepada perkembangan dan kelanjutan sebuah perusahaan.

Pengertian Change Management

Menurut Febrianty,dkk change management adalah sebuah upaya atau cara yang melibatkan sebuah pendekatan dilakukan secara sistematis dan terstruktur.

Pendekatan ini bisa dimanfaatkan untuk membantu individu, tim ataupun organisasi dengan menerapkan sebuah sarana, melibatkan sumber daya manusia, dan pengetahuan untuk merealisasikan sebuah perubahan dari kondisi sekarang menuju suatu kondisi yang lebih baik secara efektif dan efiseien untuk memperkecil dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari perubahan yang telah dilakukan.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Change management juga bisa dijadikan sebuah bentuk usaha yang dilakukan untuk mengelola dampak dari perubahan yang sudah dilakukan dalam perusahaan. Perusahaan pasti melakukan sebuah perubahan, baik perubahan kecil ataupun besar.

Change management bisa digunakan sebagai alat dan teknik untuk mengelola sumber daya manusianya untuk jauh lebih baik, dan dapat menggapai hasil yang diharapkan serta dibutuhkan. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan sebuah perubahan secara efektif pada suatu tim, individu, atau sebuah sistem yang lebih luas.

Pada dasarnya change management adalah sebuah proses yang mengadopsi pendekatan manajemen, yakni planning, organizing, actuating, dan controlling. Perubahan dilakukan untuk menghasilkan solusi atas permasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh perusahaan, agar lebih sukses dan lebih terorganisir.

 –

Tujuan Change Management

Adapun tujuan dari change management sebagai berikut:

Pertama, untuk mempertahankan berdirinya perusahaan, baik jangka pendek ataupun jangka panjang. Perusahaan membutuhkan sebuah rancangan atau sebuah rencana untuk tetap bisa terus berdiri ataupun mengembangkan perusahaannya.

Jika Anda seorang pemimpin, Anda bisa menggunakan pendekatan change management serta bisa menyusun strategi yang bisa Anda gunakan untuk masa depan perusahaan Anda.

Kedua, perusahaan bisa menyesuaikan perubahan baik dari lingkungan secara internal ataupun eksternal. Dengan change management perusahaan lebih siap menghadapi perubahan internal contohnya sumber daya manusia atau staff pekerja (penerimaan atau resignnya karyawan), teknologi, dan strategi korporasi, serta perubahan secara eksternal contohnya berubahnya peraturan, hukum, dan kebijakan pemerintah.

Ketiga, memperbaiki efektivitas perusahaan dalam bersaing di dunia ekonomi ataupun industri modern. Change management akan membantu Anda untuk mempersiapkan perusahaan yang siap bersaing di dunia dan industri yang cepat mengalami perubahan, sehingga perusahaan akan siap menghadapi tantangan dan jika terjadi krisis pada perusahaan akan cepat terdeteksi dan diatasi.

 –

Manfaat Change Management

Pertama, dengan change management Anda dapat merencanakan dan mengelola sebuah perubahan. Melalu change management Anda bisa mengetahui bagaimana manfaat perubahan yang akan Anda lakukan, baik sebelum ataupun sesudah kebijakan itu diterapkan.

Kedua, membantu menyelaraskan kinerja sumber daya manusia yang ada dalam dalam perusahaan tersebut. Sehingga memiliki keselerasaan antara visi dan tujuan yang sudah ditetapkan untuk keberlangsungan berdirinya perusahaan.

Ketiga, kinerja karyawan atau staff pekerja akan meningkat. ketika karyawan yang bersangkutan merasa didukung dan memahami proses perubahannya Ketika karyawan atau staff pekerja merasa di dukung maka, karyawan tersebut akan memberikan kemampuan terbaiknya dan rasa loyalitasnya kepada perusahaan.

Keempat, change management membantu Anda dalam menyediakan cara untuk mengantisipasi tantangan dan menangani tantangan secara efisien.

Kelima, proses change management yang efektif dapat menurunkan resiko jika terjadinya perubahan pada suatu perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, manajemen pada bisang sumber daya manusia pasti kerap mengadakan sebuah perubahan. Karena sumber daya manusia ditutntut untuk terus menambah pengetahuan dan ilmunya, mengupgrade skills yang dimilikinya, dan bergerak secara fleksibel sesuai dengan perubahan yang terjadi.

Sebelum Anda melakukan change management  pastikan sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda siap akan perubahan yang diterapkan. Jangan menerapkan suatu perubahan secara spontan atau tiba-tiba, karena hal itu akan menyebabkan dampak negatif pada perusahaan Anda.

Berikan pelatihan-pelatihan yang dapat menambah pengetahuan serta skills para manager dan karyawan di perusahaan Anda, dengan pelatihan-pelatihan seperti supervisory development program, management development program, training management, dan training untuk manager sesuai dengan divisinya masing-masing. Serta pelatihan dan pengembangan skills untuk karyawan Anda.

Untuk melakukan pelatihan-pelatihan tersebut Anda bisa menggunakan trainer dari internal perusahaan Anda, misalnya karyawan yang sudah berpengalaman. Atau Anda bisa menggunakan lembaga training atau trainer dari pihak eksternal perusahaan Anda.

Baca juga : Tujuan Dan Manfaat Mengikuti Training Manajemen

Setelah menyimak mengenai pengertian, tujuan, dan manfaat change management untuk perusahaan, sudahkah Anda menerapkannya? Seberapa efektifkah penerapannya?

Jika perusahaan Anda belum melaksanakan change managemet pastikan mencari lembaga training yang tepat dan dapat membantu perusahaan Anda. Jangan salah pilih ya! Percayakan pelatihan change management Anda pada ALC Leadership Management.

ALC akan mengajak Anda memahami 8 akselerator perubahan. Tentang bagaimana cara menciptakan rasa terdesak, membangun koalisi membangun visi strategis & budaya inisiatif, membangun keberhasilan jangka pendek serta mempertahankan percepatan.

ALC Leadership Management, lembaga training terbaik di Indonesia, kami juga menyediakan pelatihan untuk manajer atau Manager Development program. Melalui program ini kami akan membimbing Anda mempersiapkan diri untuk menjadi seorang manajer yang handal dan professional dengan meningkatkan skills leadership malalui training manager.

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Ketahui cara meningkatkan keahlian dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan yang lebih berkualitas melalui Creative Problem Solving and Decision Making.

– Ketahui bagaimana cara berpikir kreatif & menjadi lebih produktif melalui Creative Thinking.

– Pelajari cara menjadikan tantangan sebagai pendorong produktivitas melalui Productivity Improvement.

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

 

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends