Mengenal Sekilas tentang Management Development Program

Management Development Program

Management development program, apa sih arti & tujuannya?

Program ini sering juga disebut management trainee. Yaitu proses pelatihan pada karyawan baru yang melalui rekrutmen yang nantinya diberi bekal serta wawasan mengenai unit bisnis perusahaan, lalu dievaluasi oleh senior manajer dan ditempatkan pada departemen yang dikuasai.

MDP ini dapat dikatakan sebagai paket pelatihan terstruktur yang meliputi kompetensi hard dan soft skill yang mana sangat dibutuhkan oleh seorang calon manajer atau manager development program. Program ini dapat dikatakan juga sebagai training untuk manager mengembangkan moral serta mental kerja menjadi manajer.  

Tujuan dari program ini adalah untuk menciptakan para calon manajer baru perusahaan di berbagai bidang. Sebenarnya program training manajemen ini banyak yang mengira seperti magang pada umumnya, Tetapi MDP atau Management Trainee ini lebih focus dan mendalam.

Di mana para karyawan baru akan menemukan banyak pengetahuan yang lebih dalam selama pelatihan. Sehingga kemampuan atau skill yang mereka miliki lebih maksimal.

Tidak hanya itu. Peserta magang yang belum menjadi bagian dalam perusahaan juga bisa disebut sebagai anggota MDP atau MT. Mereka diakui sebagai pekerja resmi. Hanya saja peran, gaji serta jenjang karir berbeda dengan karyawan umumnya.

Pelatihan manajemen ini memiliki banyak kelebihan loh. Juga memiliki beberapa kekurangan. Mau tahu apa saja plus minusnya? Simak ya!

Kelebihan MDP atau Management Trainee

– Networking yang Luas

MDP atau MT akan membuat Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru yang berbeda-beda bidang. Di sinilah Anda bisa memperluas networking dan juga belajar dari orang-orang yang memiliki keahlian berbeda. Semakin banyak orang baru yang Anda temui, maka semakin banyak hal yang bisa Anda pelajari. 

– 

– Menumbuhkan dan Melatih Jiwa Kompetitif

Di dalam MDP atau MT, Anda akan dihadapkan dengan banyak saingan yang memiliki visi serta misi yang sama. Hal itulah akan membuat Anda lebih termotivasi untuk bersaing dengan mereka. Seperti yang diketahui jika jiwa kompetitif diasah terus menerus karena Anda ingin untuk menampilkan hal terbaik yang ada di diri, maka akan semakin berusaha bekerja keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

– Gambaran Dunia Manajemen yang Besar

Selama pelatihan, Anda mendapatkan gambaran besar mengenai dunia manajemen. Begitu juga cara kerja dan cara mengatur pada setiap divisi di perusahaan. Seperti kata Motivator Leadership Indonesia, Ainy Fauziyah bahwa kualitas seorang pemimpin tercermin dari sikap, tutur kata & cara kerjanya. Melakukan perubahan, Pantang menjelekkan

Inilah kelebihan program Kelebihan MDP atau Management Trainee. Karena di sinilah Anda mendapatkan pengetahuan semakin luas begitu juga gambaran posisi yang cukup besar.

Anda juga dilatih secara langsung oleh orang yang sudah berpengalaman. sekaligus ahli menentukan pekerjaan yang cocok dan sesuai passion. Dengan begitu, setelah training selesai, Anda tahu apa yang dikerjakan dan juga yang diinginkan.

Nah, Anda tahu kan, adanya sistem rotasi itu sangat memungkinkan untuk belajar banyak hal, khususnya dalam meningkatkan keterampilan atau skill pekerjaan yang berbeda. Jadi, Anda tidak hanya memiliki banyak ilmu namun juga banyak pengalaman. Enak, kan?

Kekurangan Management Development Program atau Management Trainee

– Proses Rekrutmen Lama

Proses seleksi untuk MDP atau MT biasanya akan membutuhkan waktu yang lama serta melelahkan. Karena perusahaan sangat selektif mencari orang yang mempunyai tingkat keseriusan dan komitmen yang tinggi terhadap perusahaan dalam mengikuti program. 

– Kontrak Kerja Mengikat

Peserta MDP atau MT biasanya akan terikat kontrak dalam waktu yang tertentu, misalnya 1 atau 2 tahun. Karena selama menjalani program ini, Anda harus siap terikat kontrak. Maka dari itu, pekerjaan ini tidak cocok untuk Anda yang mudah bosan dengan pekerjaan.

Dalam management development program, kita juga sering mendengar tentang supervisory development program. Lalu apa program tersebut? Yuk kita telusuri lebih dalam lagi mengenai SDP.

Baca Juga : Training Favorit Para Eksekutif, Manajer & Supervisor 

Apa SDP atau Supervisory Development Program itu? Yaitu training untuk supervisor atau calon supervisor.

Program pelatihan supervisory management ini untuk menyiapkan supervisor yang baik. Tidak hanya mempunyai keterampilan teknis, namun juga memiliki kemampuan manajerial seperti manajemen manusia, manajemen pekerjaan serta dalam pengambilan keputusan.

“Kualitas seorang pemimpin tercermin dari sikap, tutur kata & cara kerjanya. Melakukan perubahan, Pantang menjelekkan”

Ainy Fauziyah, Founder ALC Leadership Management & ALC Talent

Tidak hanya itu, Anda tahu kan maksud dari program ini ? Agar supervisor mempunyai keyakinan diri yang tinggi. Yuk simak 4 point penting yang ada dalam supervisor.

– Peserta lebih mengerti tentang prinsip dasar dari organisasi.

– Peserta mempunyai keterampilan menangani bawah-bawahannya di dalam disiplin kerja.

– Peserta mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perintah dengan benar yang bisa dilakukan bawahan dengan rasa yang penuh tanggung jawab dan senang hati.

– Peserta mampu membuat laporan yang lebih efektif.

Pentingnya Skills Coaching, Counseling dan Mentoring di MDP.

Dalam training management, pasti Anda juga sering mendengar istilah coaching, counseling dan mentoring. Apa itu Coaching and counseling? merupakan bimbingan serta pelatihan ke karyawan sebagai langkah yang proaktif dengan memberi coaching serta counseling supaya karyawan bisa meningkatkan keterampilan kerja serta pemahaman berbagai aspek kerja di lingkungan.

Dan juga bisa menjadi sarana bagi karyawan untuk melakukan counseling mengenai masalah pekerjaan ataupun pribadi yang sedang dialami. Dengan begitu, kegiatan bersama kelompok bisa meningkat, dan karyawan pun mampu mempertahankan kinerja dengan optimal.

Gak percaya? Cek yuk 4 manfaat coaching and mentoring, apa sajakah itu?

– Menjadi Kesempatan Pengembangan Diri yang Lebih Lanjut

Saat Anda melakukan pengembangan untuk bawahan ataupun rekan, Anda dituntut untuk bisa memenuhi tanggung jawab kepada mereka, maka Anda memerlukan keterampilan yang banyak. Dan kemungkinan yang dibutuhkan keterampilan baru.

Baca Juga : ALC Leadership Mengepakkan Sayap di Dunia Coaching Indonesia 

Nah, menggunakan keterampilan yang baru bisa menjadi kesempatan Anda untuk pengembangan diri yang bagus. Selain itu, menjadi seorang mentor, karir Anda akan lebih terbantu. Anda akan mendapatkan tantangan untuk selalu ada pada posisi yang terbaik, serta menjadi seorang karyawan berharga untuk atasan dan perusahaan. 

– Menjadi Kesempatan Memperbarui Teknik yang Dimiliki.

Sebagai seorang coach atau mentor, Anda bersama orang-orang dengan karakter yang berbeda. Di situ Anda memerlukan variasi pendekatan secara berbeda untuk masing-masing tipe agar pengembangan mereka lebih efektif.

Semakin banyak orang yang Anda temui, maka semakin banyak dan besar peluang untuk mempelajari serta menerapkan teknik pendekatan. Dengan begitu, Anda semakin lihai dalam melakukan coaching serta mentoring.

– Meningkatkan Kepuasan Kerja.

Sebagai coach atau mentor, Anda membantu orang lain ataupun rekan untuk mencapai karir serta tujuan mereka. Hal inilah yang akan membuat Anda menjadi lebih mempunyai energi serta mampu untuk meningkatkan kesadaran mengenai tujuan yang ingin untuk Anda capai.

– Membantu Menjadi Seorang Pemimpin yang Lebih Baik.

Coaching serta mentoring baik adalah mampu untuk memahami perspektif bawahan atau orang yang lebih muda. Pasti jika Anda mampu memahami dengan baik, Anda bisa untuk merespon masukan serta saran yang membantu.

Coaching dan mentoring merupakan tempat untuk berlatih menjadi seorang pemimpin yang lebih baik serta mengembangkan keterampilan untuk menjadi pemimpin sukses. 

Demikian pembahasan singkat mengenai management development program dan hal-hal lainnya yang berkaitan. Semoga bermanfaat!

ALC Leadership Management memiliki program MDP dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program MDP yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Counseling, Supervisory, Leadership Fundamental, dsb.

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Pelajari bagaimana cara meningkatkan skills supervisor tim Anda melalui Supervisory Skills for Great Supervisor

– Ketahui bagaimana cara melatih karyawan untuk lebih proaktif melalui Coaching & Counseling

– Pahami bagaimana cara meningkatkan Leadership Skills melalui program Leadership Fundamental

Detail info hubungi team kami di 087779199555  atau email ke andarini.dr@alcleadershipmanagement.com 

Jadwal Training Online

Fraud Audit : Crucial Function untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 29 Apr 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 21 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 13 Juli 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 23 Agt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No.19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends