Memahami Definisi, Tujuan, dan Kelebihan Management Development Program

Management Development Program

Daftar Isi

Management development program, kenali  manfaatnya berikut ini!

Salah satu hal penting yang hampir tidak bisa dipisahkan dari sebuah peningkatan dan perkembangan perusahan yang lebih baik tentu adalah para karyawan yang memaknai penuh Management Development Program yang diikutinya.

Pada dasarnya, Management Development Program merupakan rangkaian metodologi pelatihan yang mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan karyawan menjadi lebih baik. Program pelatihan ini dapat diadakan secara internal oleh perusahaan ataupun meminta bantuan dengan lembaga training yang lebih berpengalaman.

Namun, apa sebenarnya Management Development Program itu serta apa kelebihan dan kekurangannya bagi seorang karyawan? Simak jawabannya pada artikel di bawah ini!

Mengenal Sekilas tentang Management Development Program

Perusahaan yang baik dan berkembang tentu didukung dari kemampuan para karyawan yang ada di dalamnya dengan melakukan pelatihan manajemen.

Hal ini tentu bisa dicapai dengan training manajemen yang berkualitas dan dilakukan secara rutin untuk membantu meningkatkan kemampuan karyawan dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi masalah selama bekerja.

Umumnya, perusahaan akan menerapkan berbagai metode untuk mengimplementasikan Management Development Program sebagai rangkaian utuh dalam meningkatkan mutu karyawan.

Beberapa program ini tentu meliputi Manager development program, yaitu training untuk manager agar dapat membantu timnya berkembang dengan lebih baik, serta supervisory management dan juga  coaching and counseling.

Akan tetapi, apa itu mdp dan bagaimana program tersebut dapat mempengaruhi kinerja karyawan di dalam perusahaan? Yuk simak lagi penjelasan berikut!

Baca juga :

Ketahui 5 Manfaat Training Karyawan Bagi Performa Perusahaan

Apa itu Management Development Program?

Dilansir dari situs Indeed, Management Development Program atau MDP adalah sebuah proses dan strategi yang yang digunakan oleh perusahaan untuk menciptakan manajer yang efektif.

Biasanya, program ini dihadirkan sebagai rangkaian dari training manajemen untuk melatih tidak hanya kemampuan manajer dan calon manajer akan tetapi juga dapat diikuti oleh karyawan secara umum.

Tujuan Management Development Program

Manajer adalah siapapun yang bekerja di antara eksekutif ataupun memimpin karyawan lainnya dalam sebuah instansi untuk memastikan semua anggota tim dalam perusahaan mencapai tujuan.

Hal inilah yang menjadikan management development adalah sebuah program pengembangan yang hadir dengan untuk membantu manajer membangun keterampilan agar dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan konflik, berkomunikasi dengan orang lain serta membantu tim dibawahnya untuk dapat bekerja dengan baik.

Kelebihan Management Development Program

Tentu, dalam memimpin sebuah tim dibutuhkan kemampuan dan kapabilitas yang mumpuni agar dapat menciptakan ruang berkembang bagi para anggota tim serta membantu perusahaan untuk mencapai target yang ditentukan.

Semua hal tersebut dapat dilatih secara komprehensif dengan adanya training management rutin seperti Management Development Program. Pada dasarnya, ada beberapa kelebihan dari Management Development Program sehingga wajib untuk diadakan dan diikuti oleh instansi Anda, diantaranya adalah:

– Mampu membantu mengenali potensi karyawan yang sebelumnya tidak diketahui oleh perusahaan.

– Efektif membantu untuk meningkatkan kemampuan dan efisiensi karyawan dalam bekerja dan menyelesaikan masalah.

– Membantu manajemen untuk memahami kebutuhan setiap perubahan yang diperlukan agar tujuan bersama dapat sama-sama tercapai.

– Mendorong potensi pertumbuhan ekonomi dan pengembangan perusahaan (organisasi) secara keseluruhan. Hal ini karena karyawan menjadi ebih produktif dan efisien.

– Meningkatkan motivasi karyawan untuk lebih berkolaborasi dan bekerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan.

– Membantu organisasi untuk memiliki workflow yang jauh lebih lancar. Hal ini karena hadirnya training management ini membantu meningkatkan manajemen tim yang lebih baik.

– Mendorong karyawan untuk menjadi lebih inovatif dan memperluas pengetahuannya.

Kekurangan Management Development Program

Setiap kelebihan tentu dibarengi dengan kekurangan yang harus dipertimbangkan, begitu juga dengan management development program.

Selain itu, rangkaian training management ini tentu tidak bisa dipisahkan dari supervisory development program yaitu pelatihan khusus untuk supervisor agar mampu memimpin timnya agar dapat bekerja dengan baik.

Berdasarkan dengan teori dari Chron, training jenis ini tentu memiliki beberapa kekurangan yang harus dipertimbangkan, diantaranya adalah:

– Menyita banyak waktu bekerja para pesertanya. Sebab, pelatihan ini harus dilakukan secara fokus dan penuh konsentrasi sehingga tentu ada pekerjaan yang harus ditinggalkan sementara.

– Adanya resiko karyawan berpindah ke perusahaan lain dengan tawaran gaji yang lebih tinggi karena memiliki kemampuan yang lebih baik setelah mengikuti pelatihan.

– Adanya potensi kerugian yang ditimbulkan perusahaan jika para karyawan tidak dapat mengimplementasikan teori dengan baik setelah pelatihan selesai.

ALC Leadership Management, Solusi Tepat untuk Kebutuhan Management Development Program Perusahaan Anda

Baik management development program berikut supervisory development program tentu memiliki kelemahan. Akan tetapi jangan khawatir, sebab semua hal tersebut dapat diminimalisir dengan memilih provider training yang tepat, salah satunya adalah ALC Leadership Management.

ALC Leadership Management saat ini menghadirkan berbagai pilihan training atau pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, termasuk diantaranya adalah Management Development Program.

Dalam Management Development Program di ALC terdapat sebuah rangkaian pelatihan yang dapat Anda pilih dan dinamakan sebagai Supervisory Development Program.

Baca juga :

Leadership Development, 10 Manfaat Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Anda dan Team

Apa Itu Supervisory Development Program?

Supervisory Development Program adalah sebuah rangkaian training untuk supervisor yang sangat direkomendasikan untuk mendukung kemajuan perusahaan.

Jadi tidak heran jika pelatihan supervisory management ini banyak dipilih oleh banyak perusahaan karena mampu untuk membantu para supervisor untuk mempertajam kemampuan komunikasinya.

Hal ini tentu akan membantu menyampaikan serta mendiskusikan tujuan dari manajemen kepada anggota tim di bawahnya. Sebab, manajer memiliki amanat dan tugas yang besar dalam sebuah organisasi sehingga meningkatkan kemampuannya lewat pelatihan yang tepat tentu akan sangat membantunya dalam mendukung tercapainya tujuan perusahaan.

Kabar baiknya, kini ALC Leadership Management menghadirkan berbagai training management bagi para perusahaan termasuk di antaranya yaitu Supervisory Development Program.

Program supervisory management inipun juga akan menyampaikan materi yang berkenaan dengan bagaimana seorang pemimpin bersikap termasuk diantaranya, coaching and counseling dan coaching and mentoring. Semua jenis pelatihan tersebut bisa Anda temukan hanya di ALC Leadership Management!

Kenali Management Development Program ALC

Training management yang ALC kemas dalam program ini memiliki materi terbaik dan up to date plus mempunyai tools asesmen 12 kompetensi kepemimpinan yang sangat berguna untuk memetakan kompetensi apa saja yang sudah dan belum Anda miliki.

Dampaknya adalah Anda jadi bisa mengukur seberapa tinggi kompetensi Anda selama ini. Dan Anda semakin mengetahui potensi dalam diri Anda.

Puluhan perusahaan multinasional Indonesia telah menjadi bagian dari management training yang ALC kemas dalam management development programme. Salah satunya adalah PT Framas Indonesia.

Inhouse Training Essential Management Skills PT Framas Indonesia

Kesimpulan :

MDP adalah program untuk meningkatkan skills manager maupun calon manajer sebuah perusahaan. Biasanya programme ini berisikan training untuk manager.

Melalui MDP ini Anda semakin mampu untuk meningkatkan knowledge maupun kemampuan Anda sebagai manajer yang handal.

Banyak manfaat yang Anda dapatkan jika mengikuti public management development programme. Pastikan jangan sampai melewatkannya. Dan pastikan provider yang Anda pilihpun berkualitas. Jangan sampai salah pilih.

Yuk simak perubahan yang peserta rasakan setelah mengikut pelatihan management dalam program MDP ALC.

Bjoern Stegner, Sr. Technical Operation Manager PT Framas Indonesia. “Share more clear Data with my Teams. Train them well and ask if they understand clearly. Questioning the People more and listen to their thoughts”.

Ade Herdiana, Senior Human Resource Manager PT Framas Indonesia. “Push my team to their limit. Get more structured how we get things done by M/E template. Get more how to create a well time management in doing the thing”.

Jona Tom Mueller, Production Manager. “Close work with related teams, different sharing of targets/ results, improvement between cultural differences”

Hugo Joao Louro De Sousa Ferreira, CNC & CAM Specialist PT Framas Indonesia. “Include more my colleagues in the discussions/ insist more until I have my question satisfied/ improve my communication skills”

Nanang Asandi, Tooling Engineer Manager PT Framas Indonesia. “Shorting the most potential issues in my department and Planning the action need to be taken. Re-Organizing my team job description, SOP and reporting system. Start Actuating the team to change their working habit (in term of time management & reporting system)”

Butuh Management Development Program ALC? Hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian