8 Tujuan Manager Development Program Ini Wajib Anda Ketahui!

Manager Development Program

Manager development program, sejauh mana Anda mengetahuinya?

Istilah management development program atau lebih dikenal dengan MDP mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Begitu juga dengan manager development program. Banyak perusahaan ternama yang mengadakan program ini. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya?

Program MDP atau sering disebut juga MT, management trainee ini banyak diminati para lulusan baru atau fresh graduate. Ini karena MDP atau MT dinilai mempunyai jalur karir yang lebih pasti. Juga sangat membantu mereka untuk ditempatkan di posisi yang sesuai dengan minat serta bakat mereka. Program ini juga cocok untuk Anda yang berkeinginan untuk menjadi seorang manajer yang handal. 

Kita tahu manajer sendiri merupakan aset utama perusahaan dalam mencapai sasaran strategisnya. Maka dari itu, manajer haruslah mempunyai kompetensi yang tinggi, baik hard skill ataupun soft skill. Untuk itu banyak perusahaan yang mengadakan manager development program.

Baca juga : Optimis Masa Pandemi COVID-19, Inilah 5 Langkahnya

Di mana program ini berisi pembekalan kompetensi secara terstruktur, baik hard skill maupun soft skill.   Program ini bisa untuk menyiapkan manajer supaya mampu melaksanakan tugasnya dengan efektif.

Dalam hal ini 5 kompetensi dasar seorang manager harus terpenuhi.  Yaitu kompetensi perencanaan, pengorganisasian, pengaturan SDM, kepemimpinan, serta pengontrol pencapaian sebuah pekerjaan. Sekaligus memastikan agar tim bisa mencapai tujuan. 

Manager development program ini memiliki 8 tujuan di antaranya : 

– Membangun mindset leadership Anda untuk menjadi manager yang efektif.

– Memahami tugas & peran manajer dalam menjalankan misi perusahaan atau organisasi.

– Memahami bagaimana cara memimpin orang yang karakternya berbeda-beda. 

– Meningkatkan kemampuan dalam memanage diri lebih

– Meningkatkan kompetensi kepemimpinan agar lebih

– Mampu membuat perencanaan kerja yang tepat dan strategis.

– Mampu mengelola pencapaian-pencapaian kerja dengan tim.

– Mempunyai kompetensi monitoring serta controlling eksekusi rencana-rencana kerja supaya tetap di dalam koridor tujuan yang akan dicapai.

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Promosi Jabatan Penting

Tidak hanya tujuan dari program di atas yang harus Anda ketahui, tentunya tugas-tugas dari manajer di perusahaan juga perlu diketahui. Hal ini supaya Anda lebih termotivasi untuk mencapai tujuan menjadi seorang manajer seperti yang diimpikan.

3 tugas manager yang patut Anda ketahui :

Pertama, bisa mengendalikan serta mengatur divisi yang dipimpin. Sebagai manajer, Anda harus memastikan setiap langkah yang diambil berjalan sesuai rencana dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kedua, mampu membangun kepercayaan dan komunikasi antar karyawan atau staf sehingga tim tetap kuat dan solid.

Ketiga, mampu mengembangkan kualitas produk atau jasa perusahaan termasuk mencapai profit yang sudah ditentukan. 

Nah, dari pembahasan 8 tujuan manager development program serta 3 tugas manager di atas, gambaran apa yang Anda dapatkan?

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Pelajari bagaimana cara menjadi pemimpin yang hebat & berpengaruh melalui Great Leaders, Great Influencers

– Ketahui bagaimana cara memimpin dengan empati, membangun hubungan untuk sebuah tujuan, komunikatif sekaligus kooperatif melalui Self Leadership in Challenging Times

– Pahami bagaimana cara membangun Team yang berperforma tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan melalui Building High Performance Teams

Detail info hubungi team kami di 087779199555 atau email ke andarini.dr@alcleadershipmanagement.com

Share With Your Friends