fbpx

8 Tujuan Manager Development Program Ini Wajib Anda Ketahui!

Manager Development Program

Manager development program, sejauh mana Anda mengetahuinya?

Istilah management development program atau lebih dikenal dengan MDP mungkin sudah tidak asing di telinga Anda. Begitu juga dengan manager development program. Banyak perusahaan ternama yang mengadakan program ini. Lalu, apa perbedaan di antara keduanya?

Management Development Program (MDP) adalah program yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam melakukan pelatihan pada karywan baru melalui proses rekruitmen, yang nantinya akan diberi bekal berupa wawasan mengenai unit bisnis perusahaan, kemudian dievaluasi oleh senior manajer dan ditempatkan di departemen yang dikuasai.

MDP sering juga disebut Mangement Trainee (MT) adalah salah satu posisi yang paling diminati bagi para lulusan baru atau fresh graduate yang sedang mencari pengalaman kerja dan percepatan karir setelah lulus. 

MDP atau MT dinilai mempunyai jalur karir yang lebih pasti dan sangat membantu untuk ditempatkan di posisi yang sesuai dengan minat dan bakat. Para karyawan MDP/ MT akan mengikuti berbagai mcam pelatihan mengenai ilmu manajemem yang berguna di dunia kerja dan perusahaan. Salah satu program mdp ini adalah membuka kesempatan kepada karyawannya untuk terjun langsung menjadi seorang manajer.

Manager Development Program adalah program pengembangan manajer yang cocok untuk Anda yang berkeinginan untuk menjadi seorang manajer yang handal. Seorang manajer tidak hanya bertanggung jawab dalam mengelola karyawan dan kinerjanya, tetapi peran manajer adalah memimpin, memastikan, dan mengarahkan karyawannya untuk selalu produktif dalam bekerja.

Manajer yang handal pastinya mampu memberikan dorongan, motivasi, serta bisa menjadi role model bagi para karyawannya. Seorang manajer harus tahu bagaimana cara memimpin dan mempengaruh dengan baik atau lead and influence to greatness serta membangun pengaruh positif sehingga karyawan akan lebih loyal dan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati.

Manajer yang handal harus memiliki skills coaching and counseling, yaitu memberi Anda cara menjadi atasan, coach dan counselor yang baik serta suportif pada team. Kita tahu manajer sendiri merupakan aset utama perusahaan dalam mencapai sasaran strategisnya. Maka dari itu, manajer haruslah mempunyai kompetensi yang tinggi, baik hard skill ataupun soft skill.

Selain itu, pemberian coaching and mentoring dinilai sangat penting oleh perusahaan sebab mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi perusahaan itu sendiri.

Untuk menjadi manajer yang handal dan professional tentunya tidak mudah, namun ada langkah mudah bagi para manajer salah satunya dengan mengikuti program training manager. Training ini berguna untuk meningkatkan skill seorang manajer. Oleh karena itu banyak perusahaan yang mengadakan manager development program.

Baca juga : Optimis Masa Pandemi COVID-19, Inilah 5 Langkahnya

Program ini berisi pembekalan kompetensi secara terstruktur, baik hard skill maupun soft skill.   Program ini bisa untuk menyiapkan manajer supaya mampu melaksanakan tugasnya dengan efektif. Efektivitas ini juga dapat didukung oleh motivasi. 

Pelatihan terstruktur seperti management development program dapat memperbarui kompetensi hard dan soft skill yang sangat dibutuhkan seorang calon manajer. Dalam hal ini 5 kompetensi dasar seorang manager harus terpenuhi, yaitu kompetensi perencanaan, pengorganisasian, pengaturan SDM, kepemimpinan, serta pengontrol pencapaian sebuah pekerjaan. Sekaligus memastikan agar tim bisa mencapai tujuan. 

Manager development program ini memiliki 8 tujuan di antaranya : 

– Membangun mindset leadership Anda untuk menjadi manager yang efektif.

– Memahami tugas & peran manajer dalam menjalankan misi perusahaan atau organisasi.

– Memahami bagaimana cara memimpin orang yang karakternya berbeda-beda. 

– Meningkatkan kemampuan dalam memanage diri lebih

– Meningkatkan kompetensi kepemimpinan agar lebih

– Mampu membuat perencanaan kerja yang tepat dan strategis.

– Mampu mengelola pencapaian-pencapaian kerja dengan tim.

– Mempunyai kompetensi monitoring serta controlling eksekusi rencana-rencana kerja supaya tetap di dalam koridor tujuan yang akan dicapai.

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Promosi Jabatan Penting

Tidak hanya tujuan dari program di atas yang harus Anda ketahui, tentunya tugas-tugas dari manajer di perusahaan juga perlu diketahui. Hal ini supaya Anda lebih termotivasi untuk mencapai tujuan menjadi seorang manajer seperti yang diimpikan. Anda juga harus menjadi atasan yang handal dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team melalui coaching and mentoring.

Manager development program merupakan bagian dari management development program. Termasuk jika Anda yang ingin mengetahui apa itu management development program, yuk simak di sini!

3 tugas manager yang patut Anda ketahui :

Pertama, bisa mengendalikan serta mengatur divisi yang dipimpin. Sebagai manajer, Anda harus memastikan setiap langkah yang diambil berjalan sesuai rencana dalam mencapai tujuan perusahaan. Kita juga harus memiliki 5 skills sebagai effective leader yang berdampak pada meningkatnya hubungan baik dengan team, atasan maupun mitra kerja melalui training manager.

Kedua, mampu membangun kepercayaan dan komunikasi antar karyawan atau staf sehingga tim tetap kuat dan solid. Meningkatkan kemampuan dasar kepemimpinan ini dilakukan dengan training manager.

Ketiga, mampu mengembangkan kualitas produk atau jasa perusahaan termasuk mencapai profit yang sudah ditentukan. 

Nah, dari pembahasan 8 tujuan manager development program serta 3 tugas manager di atas, gambaran apa yang Anda dapatkan?

ALC Leadership Management, Lembaga training terbaik di Indonesia menyediakan pelatihan untuk manajer atau Manager Development program. Melalui program ini kami akan membimbing Anda mempersiapkan diri untuk menjadi seorang manajer yang handal dan professional dengan meningkatkan skills leadership malalui training manager.

Tidak hanya itu ALC juga mempunyai program training Coaching and Mentoring yang mampu melatih Anda bagaimana cara dan praktik TKOAF (Tujuan, Kondisi, Option, Action, Follow up) yang baik dalam pekerjaan dan sangat membantu dalam meningkatkan kinerja team Anda.

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Pelajari bagaimana cara menjadi pemimpin yang hebat & berpengaruh melalui Great Leaders, Great Influencers

– Ketahui bagaimana cara memimpin dengan empati, membangun hubungan untuk sebuah tujuan, komunikatif sekaligus kooperatif melalui Self Leadership in Challenging Times

– Pahami bagaimana cara membangun Team yang berperforma tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan melalui Building High Performance Teams

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends