Leadership Development, 10 Manfaat Ini Dapat Meningkatkan Kinerja Anda Dan Team

Leadersip Development

Table of Contents

Leadership development, ketahui 10 Manfaatnya Untuk Anda dan Team

Sebuah perusahaan besar penting untuk memberikan pengembangan besar atau leadership development. Hal ini bertujuan agar karyawan mampu menjalankan tanggung jawa dan tugas mereka dengan efektif. Selain itu program untuk leadership development juga mendorong perusahaan untuk bisa secara konsisten memberikan program pengembangan dan pelatihan leadership.

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah, terutama menjadi pemimpin di sebuah perusahaan besar. Banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik, agar tujuan perusahaan bisa tercapai bukan? Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang tidak semua orang bisa menjadi pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus memiliki leadership skill. Leadership skill bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir, dibutuhkan training leadership, jam terbang, dan juga pengalaman.

Program leadership development merupakan program dasar kepemimpinan yang ditunjukkan untuk karyawaan hingga pemimpin perusahaan. Sehingga dengan pelatihan dan pengembangan SDM, melalui leadership program diharapkan mampu untuk menghasilkan output yaitu pemimpin efektif (baik pemimpin/ calon pemimpin) yang mampu membawa keberhasilan, kemajuan, dan kesuksesan untuk perusahaannya.

Perusahaan dengan program pelatihan kepemimpinan yang konsisten dan komprehensif dapat meningkatkan kinerja kinerja dan pendapatan untuk perusahaan diandingkan dengan perusahaan tanpa program kepempiman.

Setelah melihat penjelasan singkat mengenai program untuk leadership development, sangat penting untuk dialakukan bukan? Oleh karena itu, kali ini ALC Leadership Management membawakan topik mengenai Program untuk Leadership Development, untuk bisa memberikan gambaran apa tujuan dan manfaatnya untuk perusahaan Anda. Yuk disimak.

Baca juga :

Leadership Development Program, Arti, Manfaat Dan Tujuannya

10 Manfaat Leadership Development Untuk Perusahaan

Adapun manfaat program Leadership Development untuk perusahaan sebagai berikut:

Pertama, menciptakan pemimpin.

Program ini bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan calon-calon pemimpin yang potensial. Karena mengembangkan sumber daya internal lebih efisien dan menghemat budget daripadaharus melakukan proses rekrutmen staff pekerja baru.

Kedua, mengelola engangement dan retention dengan karyawan.

Performa karyawan yang turun atau lebih dikenal dengan underperformed sering kali ditemukan pada beberapa perusahaan besar. Turunnya performa karyawan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karyawan merasa tertekan dan tidak nyaman dengan lingkungan kerjanya, atau hal lainnya.

Fenomena ini harus ditanganin sedini mungkin. Program untuk Leadership Development dapat memberikan dampak positif sehingga bisa melakukan pencegahan denngan melakukan engangement dan retention dengan karyawan. Sehingga karyawan akan merasa lebih diperhatikan dan  rasa loyalitasnya untuk perusahaan akan meningkat.

Ketiga, membantu dalam mengkomunikasikan value, visi dan misi.

Dampak positif dari program untuk leadership development adalah membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan mengenai value, visi, dan misi perusahaan kepada karyawan. Sehingga akan terciptanya kesatuan pemahaman antara pemimpin dan karyawan untuk bisa menjalankan kolaborasi dan memahami makna the power of collaboration.

Keempat, iventasi jangka panjang SDM di perusahaan.

Kondisi perekonomian dan juga kebijakan pemerintah yang kerap kali mengalami perubahan membuat pemimpin harus mengambil kebijakan yang dapat memberikan keuntungan untuk semua SDM di perusahaannya. Program untuk leadership development merupakan investasi jangka panjang bagi perusahaan, karena setiap SDMnya sudah memiliki pengetahuan dan skills yang mumpuni, sehingga tidak diperlukan perekrutan karyawan baru.

Jenis-jenis Program untuk Leadership Development di Perusahaan

Pertama, kemampuan pengembangan dan pemberdayaan SDM.

Dengan kemampuan pengembangan dan pemberdayaan SDM yang baik, pemimpin akan memperoleh karyawan dengan kemampuan yang baik. Memperoleh pengetahuan akan kemampuan dan skills karyawan dapat diperoleh melalui cara Coaching and Mentoring, dan Coaching and Counseling, dengan memperhatikan dan menggunakan Strategic Coaching yang tepat.

Pemimpin  juga harus memahami akan Situasional Leadership, di mana pemimpin akan dengan mudah untuk bisa memetakan karyawan berdasarkan kemampuannya, mengembangkan kemampuan serta potensi yang dimiliki karyawan. Kemampuan selanjutnya adalah Leadership Fundamental, di mana seorang pemimpin mempunyai pemahaman akan visi dan kekuatannya serta kelemahan yang ada pada dirinya, sehingga akan mampu mendorong karyawan untuk mencapai kesuksesan bersama.

Seorang pemimpin juga harus bisa menjadi Training for Trainer di dalam tim kerjanya, dimana ia mampu untuk memberikan pemahaman karyawannya mengenai projek yang sedang dikerjakan, sehingga tidak adanya miscommunication dan akan memberikan dampak positif yaitu Building High Performance Teams pada divisi yang dipimpinnya ataupun pada perusahaan.

Kedua, akuntabilitas.

Akuntabilitas adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk bisa mempertanggung jawabkan atas segala wewenang dan keputusan. Seorang pemimpin tidak dapat dipungkuri memiliki beban dan tanggung jawab yang besar. Jika pemimpin tidak memiliki kemampuan ini, makan tidak dapat dihindari pemimpin akan kehilangan kepercayaan dari karyawan dan krisis pada perusahaan pun tidak dapat dihindari sedini mungkin.

Belum lagi permasalahan yang bisa terjadi dari internal perusahaa, misalnya tindak kecurangan korupsi dan sebagainya. Pemimpin juga harus memiliki kemampuan Fraud Audit, untuk bisa memeriksa beberapa laporan penting contohnya laporan keuangan.

Jika kedua kemampuan ini bisa dimiliki seorang pemimpin, yaitu akuntabilitas dan farud audit. Maka permasalahan dan juga krisis yang akan dihadapi oleh perusahaan bisa ditangani dan terdeteksi sedini mungkin.

Ketiga, fleksibilitas dalam manajemen.

Kebijakan management dalam sebuah perusahaan bukanlah hal yang harus dilakukan secara mutlak atau wajib. Namun ada beberapa situasi yang mengaruskan seorang pemimpin berani untuk melakukan Change Management, hal ini haru didasarkan dan berlandaskan pada pemenuhan tujuan dan target perusahaan.

Kemampuan ini perlu dimiliki oleh seoranag pemimpin karena seorang pemimpin adalah sosok yang harus bertanggung jawab dan mengawasi secara penuh dan memegang kendali atas operasional perusahaan. Kemampuan ini harus diimbangi dengan skill Creative Problem Solving & Decision Making,  dan juga Creative Thinking dalam membuat sebuah keputusan dan menghadapi permasalahan yang akan di hadapi oleh tim kerja ataupun perusahaan.

Keempat, menjadi pemimpin yang inspiratif.

Seorang pemimpin yang ideal adalah ketika ia mampu mengarahkan karyawannya tanpa menggunakan cara yang kaku dan otoriter. Karena sesuatu yang dilakukan dengan cara paksaan tidak akan mendatangkan hasil yang maksimal. Sehingga karyawan merasa dipimpin oleh orang yang salah dan mengakibatkan turunnya produktivitas kinerja karyawan.

Jadi seorang pemimpin yang baik adalah ketika ia mampu memahami arti pemimpin dimana seorang pemimpin harus mampu mengayomi dan juga memberikan ilmunya kepada karyawan tanpa ada perasaan bahwa karyawan adalah alat yang bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak diperhatikan dengan baik.

Kelima, komunikasi.

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Melalui cara komunikasi yang baik, seorang pemimpin akan mampu membuat alur kerja yang dinamis. Sehingga mampu menciptakan Character and Culture Building pada tim kerjanya ataupun perusahaan.

Dengan Effective Communication pemimpin mampu menjadi Great Leaders, Great Influencers bagi staff pekerja, dan juga mampu membentuk, Building Solid Teams pada perusahaannya.

Setelah menyimak pentingnya Program untuk Leadership Development bagi Perusahaan, sudahkah Anda menerapkan program tersebut pada perusahaan? Seberapa efektifkah?

Jika perusahaan Anda belum melaksanakan Program untuk Leadership Development pastikan mencari lembaga training yang dapat membantu perusahaan Anda. Jangan salah pilih ya.

Baca juga : 

Tujuan Dan Manfaat Pelatihan Leadership Untuk Pengembangan SDM

ALC Leadership Management memiliki Program Untuk Leadership Development dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa topik training untuk program Leadership Development adalah Pengembangan dan Pemberdayaan SDM dengan topik training : Situasional Leadership, Coaching and Mentoring, Coaching and Counseling, Training for Trainer, Strategic Coaching, Leadership Fundamental, Building High Performance Teams.

Akuntabilitas dengan topik training Fraud Audit, dibidang Management : Change Management, Creative Problem Solving & Decision Making, Creative Thinking, dan di bidang Meningkatkan Kemampuan Komunikasi ada materi topik training : Effective Communication, Great Leaders, Great Influencers, Building Solid Teams, Character and Culture Building.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana membuka kesadaran akan besarnya dampak trust pada performance & produktivitas. Membangkitkan tekad untuk membangun kepercayaan dengan 13 sikap, melalui Build Trust in One Minute.

– Pahami bagaimana cara membuka kesadaran Anda pentingnya mengaplikaskan 3 prioritas : memanage mindset, 4 skills & fokus pada tujuan besar. Menjadikan multitasking sebagai habit, komunikatif & kooperatif, melalui Working Excellence.

– Pelajari bagaimana cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Dengan ALC METHOD, kami mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan kemudian merasakan kekuatannya sekaligus hasil perubahannya, melalui Leading Change

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian